Dukun Cilik Ponari, Ikuti Ujian UNBK Tingkat SMP

INDONESIASATU.CO.ID:

JOMBANG - Ponari (17) tahun asal Dusun Kedungsari, Desa Balongsari, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Dukun Cilik yang sempat menghebohkan banyak orang pada tahun 2009 silam, saat ini tampak dewasa dan tengah mengikuti ujian nasiol tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) swasta di Daerah Desa Gadingmangu, Kecamatan Perak, Jombang, Sabtu (5/5/2018).

Duduk bersama tiga orang rekannya, Ponari terlihat serius mengikuti jalannya ujian. Kali ini, dirinya mengikuti ujian SMP paket B yang sudah menggunakan Sistem Komputerisasi sesuai standart Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) didampingi sejumlah pengawas. 

"Saya siap ikut ujian, sudah belajar, sudah minta restu sama orang tua, " ungkap Ponari Dukun Cilik dengan nada lirih kepada sejumlah awak media. 

Ketika ditanya media soal kesanggupan untuk mengikuti ujian, dirinya yakin mampu dan memiliki cita-cita untuk jadi pengusaha kelak kalau sudah lulus kuliah. Karenanya usai mengikuti ujian paket B, dirinya akan melanjutkan sekolah ke Sekolah Menengah Atas (SMA) dan kuliah di Perguruan Tinggi. 

Suwartiningsih, Staf Kesetaraan Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang menyatakan UNBK untuk paket B semua peserta diwajibkan hadir. Adapun syarat untuk bisa ikut ujian paket B, setiap peserta harus mengikuti pembelajaran terlebih dahulu, maksimal 3 tahun serta harus melakukan pendaftaran. Terkait Ponari dalam prosesnya tidak ada kendala. 

"Tidak ada kesulitan dengan Ponari, awalnya setelah mengikuti kegiatan belajar di PKBM Pemuda, setelah lulus dipindah di PKBM Nusantara di daerah Megaluh dekat dengan rumahnya," pungkas Suartiningsih. (di) 

Index Berita