Pengukuhan Ketua MPN Korwil Nganjuk, 'Wartawan Taat Pada Kode Etik'

INDONESIASATU.CO.ID:

NGANJUK - Acara pengukuhan Ketua terpilih Majelis Pers Nasional (MPN) Koordinator Wilayah Nganjuk digelar secara sederhana dan meriah di Rumah Kepala Desa Ngronggot, Kecamatan Ngronggot, Nganjuk, Selasa (15/5/2018).

Dengan semangat Profesional dan Bermartabat, pengukuhan MPN Korwil Nganjuk dihadiri langsung oleh Ketua Umum MPN H. Umar Wirohadi SH. MM bersama tim, perwakilan Muspika Ngronggot, Kapolsek AKP Sugeng Hariyono, perwakilan Danramil Ngronggot, dan Tokoh Maayarakat setempat. 

H. Umar Wirohadi SH.MM, Ketua umum MPN dalam sambutan mengatakan organisasi dibentuk sebagai wadah untuk memajukan profesionalitas dan martabat wartawan. Apalagi ditengah upaya pembredelan media pers dan tindakan kriminalisasi, diskriminatif serta kekerasan terhadap wartawan. 

"Kita wartawan Indonesia, punya hak sama, profesional dengan kemampuan menulis kita dan bertanggung jawab dengan profesi yang digeluti. Ada kode etik jurnalistik yang harus ditaati, " ungkap Haji Umar dihadapan anggota MPN Korwil Nganjuk. 

Lagi menurut Haji Umar, kalau sudah menetapkan diri mengambil profesi wartawan, ya selama itu juga aktivitasnya sesuai dengan mandat UU Pers No 40 Tahun 1999. MPN sendiri bukan rival dari organisasi pers lain dibawah naungan Dewan Pers, tapi wadah untuk mengembangkan potensi wartawan. 

Sementara itu, Ketua MPN Korwil Nganjuk terpilih, Kuswanto mengatakan MPN merupakan media pemersatu. MPN bukan kompetitor tapi alat persatuan untuk kemajuan dunia pers. Kedepan kami akan melakukan audiensi kepada Pemkab Nganjuk, SKPD, Kejaksaan, Kapolres dan Dandim 0810/Nganjuk.

"MPN alat persatuan, bukan kompetitor organisasi pers lain. Tapi alat memajukan dunia pers, " ungkap Kuswanto singkat. 

Baginya, organisasi bukan hanya milik ketua atau pengurus saja. Organisasi adalah milik semua anggota, jadi maju dan mundurnya organisasi tergantung keaktifan anggota. 

Berdasarkan pantauan wartajatim.com acara pengukuhan ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Umum MPN H. Umar Wirohadi SH.MM. Potongan tumpeng diserah terimakan kepada ketua terpilih MPN Korwil Nganjuk Kuswanto disaksikan oleh para tamu undangan. Tidak hanya itu, diserahkan juga Surat Keputusan (SK) pengangkatan Ketua beserta jajaran pengurus. (di/kla)

Index Berita