Polres Blitar Kasih Penghargaan 2 Pelajar Hentikan Aksi Penjambretan

INDONESIASATU.CO.ID:

BLITAR - Keberanian dua siswi SMK di Blitar yang menghentikan aksi penjambretan mendapat perhatian Kepolisian. Dua pelajar tersebut mendapatkan penghargaan atas keberanian mereka melawan kejahatan jalanan dari Kapolres Blitar.

Bertempat di halaman Mapolres Blitar, dua Pelajar atas nama Ratna Suryaning Fitri (18) dan Karisma Nur Anisa (17) menerima apresiasi dari kepolisian.

Diketahui kedua pelajar tersebut menggagalkan upaya penjambretan yang dilakukan oleh Gianto (48), warga Dusun Jatiluhur Rt 04 Rw 04, Desa Jatitengah, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar.

"Keduanya menjadi korban tapi juga yang berhasil menggagalkan upaya dari pelaku tersebut. Keberanian merekalah yang patut kita jadikan perhatian," kata Wakapolres Blitar Kompol Andi Yuda P. Siboro, Senin (07/05/2018).

Ia mengakui keterbatasan jumlah personil polisi belum mampu memberikan jaminan keamanan di wilayah hukum Polres Blitar. Oleh karena itu ia juga meminta masyarakat untuk mencontoh dua siswi tersebut yang mau terlibat dalam mengungkap sebuah kasus kriminal.

"Jumlah kami sekitar tujuh ratus ini belum bisa memberikan jaminan keamanan. Ini yang patut kita apresiasi. Masyarakat kami harapkan juga mau reponsif melapor pada kami kalau seandainya terjadi tindak pidana," imbuhnya.

Sementara itu menurut penuturan Ratna Suryaning Fitri (18), begitu HP-nya dirampas ia dan Karisma Nur Anisa (17) langsung berinisiatif mengejar. Sebelum terkejar, keduanya sempat berganti kemudi lalu mengejar pelaku dan berhasil melumpuhkannya di Jalan Deda Serang tepat setelah jembatan.

"Nah pas setelah jembatan, ada truck tebu parkir kan otomatis jalannya sempit. Begitu mepet, saya dan temen saya sama sama nendang badannya," kata Ratna.

Begitu pelaku tersungkur, keduanya berteriak minta tolong. Tak lama kemudian warga datang untuk membekuk. Tak lama berselang anggota polisi yang kemudian disusul oleh tiga orang anggota Mapolsek Panggung Rejo datang ke TKP. (soim/di/kla)

Index Berita